Desa Lalap Siapkan Diri Jelang Gelaran Festival Nikep

  1. Tamiang Layang, eksposia.com – Semula desa kecil yang berada di titik atas, wilayah Kecamatan Patangkep Tutui, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah ini, bukan sebuah desa yang terlalu diperhitungkan. Apalagi akses jalan menuju ke sana, terbilang susah di sana musim penghujan.
Siapa sangka kini Desa Lalap, mulai mengggeliat. Menata diri mengurai program dalam persiapan menjadi tujuan atau destinasi wisata. Dan agenda pertama yang disiapkan, adalah Festival Nikep. Sebuah gelaran tradisional menangkap ikan di sungai menggunakan alat tradisional tangguk bambu. Nikep, cara ini, merupakan kebiasaan warga Dayak Maanyan, saat musim kemarau di mana air sungai mulai menyusut.
Kepala Desa Lalap, Hendri, saat berbincang tadi (Sabtu, 14/10/2023) di Tamiang Layang, mengatakan bahwa sesuai rencana, Festival Nikep akan dilaksanakan tanggal 28 Oktober 2023 mendatang.
“Sekarang warga desa sedang melakukan pembersihan lahan lokasi. Kami harapkan event ini selain akan menjadi agenda tahunan, Lalap juga akan merealisasi satu persatu potensi wisatanya yang masih belum tereksplor,” ucapnya.
Menambahi pernyataan Hendri, Camat Patangkep Tutui Simon Steven Octavianus SSTP, mengatajan bahwa dirinya sangat mensupport gagasan Kades Lalap Hendri.
“Mungkin juga karena sama-sama muda, sehingga satu frekuensi. Tapi yang jelas, selalu pemangku wilayah, saya memang memprogramkan kepariwisataan di desa bisa terberdayakan. Dengan demikian, kita bisa menyentuh beberapa hal yang berkaitan. Misalnya, dengan adanya wisata di desa-desa terbangun, maka akses jalan akan diperhatikan pemerintah daerah, kemudian sektor ekonomi kecil menengah juga akan terangkat. Karena kita melihat adanya beberapa desa memang punya potensi,” tutur Octavianus.
Lebih lanjut ia menambahkan bahwa dalam festival nanti, pihaknya juga akan mengundang Pj Bupati Bartim beserta sejumlah pejabat eksekutif maupun legislatif datang ke lokasi.
“Sehingga mereka nantinya bisa melihat secara langsung, bagaimana akses jalan menuju ke Lalap. Kebetulan, beberapa kepala desa sudah menyatakan pada saya, siap menghibahkan tanah secara cuma-cuma sebagai pembangunan akses keterisolasian jalan. Semoga ini menjadi semacam gayung yang bersambut, agar jalan baru penghubung antardesa di Kecamatan Patangkep Tutui bisa dibangun oleh Pemkab Bartim,” ujar Camat yang juga dikenal sebagai vokalis solo beraliran alternatif rock ini .TYO
Foto : Camat Patangkep Tutui Simon S Octavianus (photo by Jarot Iss)

Leave a Reply