Tanggapi Laporan Warga, Polsek Dusteng Langsung Bertindak Cekatan : Sejunlah Pelaku Balap Liar dan Sepeda Motor Diamankan

Tamiang Layang, eksposia.com – Sejumlah anak muda nampak memenuhi halaman Mapolsek Dusun Tengah, Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur. Mereka berjongkok mengikuti arahan petugas. Sementara sepeda-sepeda motor yang digunakan untuk kebut-kebutan, ikut diamankan pula. 

Kawanan remaja pelaku aksi kebut-kebutan di jalanan tersebut, diciduk dalam giat Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Sitkamtibmas),  Minggu (09/04/2023)dini hari tadi.
Menurut Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela SH SIK, yang disampaikan Kapolsek Dusun Tengah Iptu Supriyadi SH MH, selama bulan suci Ramadhan, di wilayah hukum Polsek Dusteng, digelar Sitkamtibmas, yang antara lain berupa penertiban para remaja pelaku aksi balapan liar ( bali ) di jalan raya.
“Ya, hal ini adalah menyikapi, menanggapi laporan dari masyarakat. Bak yang diterima dari Call Center Polsek Dusteng, ataupun akun medsos masyarakat. Di mana warga mengeluhkan aksi balapan liar ( bali) yang digelar oleh para remaja ini. Sangat meresahkan warga, serta para pengguna jalan yang melintas,” ujar Kapolsek.
Oleh sebab itulah, Polsek Dusun Tengah (Dusteng) melakukan patroli di Jl Kapt R Soesilo Ampah  malam tadi, dipimpin oleh Wakapolsek Dusteng Ipda Yefri Budi, beserta Kapolsubsektor Paku.
Secara terpisah, Yefri juga mengatakan bahwa ia pernah juga menegur aksi Sahur on The Road yang dilakukan dengan cara kurang etis Yaitu bersepedamotor secara ugal-ugalan dan musik yang diperdengarkan lewat salon justru house music. Bukan musik bernuansa religi/Islami.
Kapolsek Supriyadi kemudian mengatakan bahwa pihaknya akan memanggil semua orang tua dari para remaja itu. Mereka akan diminta membuat surat pernyataan,agar terus mengawasi anak anaknya.
“Untuk sepeda motor yang terjaring, akan kami amankan selama 3 (tiga ) bulan, supaya memberikan efek jera kepada para remaja lainnya. Untuk itu kami mohon kepada seluruh lapisan masyarakat, agar terus mengawasi anak anaknya untuk tidak keluar rumah pada jam malam. Karena bisa terpengaruh dan ikut ikutan menggelar aksi balap liar, yang bukan saja meresahkan masyarakat dengan aksi ngebutnya, tapi juga knalpot bising yang digunakan. Jika ini kami temukan lagi, niscaya akan kami tindak lebih tegas,” papar Supriyadi lebih lanjut. – NIA/WAN (foto dan sumber berita, diolah dari press release Polsek Dusteng)

Leave a Reply