Silaturahmi dan Kompetisi Berjurnalisme Wartawan Enam Kabupaten di Adaro Journalism Award 2023


Tanjung, eksposia.com  – Ajang menulis tahunan bagi para wartawan di empat kabupaten wilayah Kalimantan Selatan dan dua kabupaten di Kalimantan Tengah, Adaro Journalism Award (AJA) 2023, akhirnya kembali dilangsungkan tadi malam (Rabu, 29/11/2023) di Aston Hotel, Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Djoko Soesilo, Community Relation and Media (CRM) Head Department PT Adaro Indonesia, menuturkan jika ajang kompetisi jurnalistik ini sempat terhenti saat pandemi Covid 19. Protokol serta pengawasan yang ketat, membuat komunikasi maupun interaksi jadi serba terbatasi.
Djoko menyatakan pihaknya bersyukur dapat kembali menggelar ajang prestise tahunan bagi para wartawan di enam kabupaten yang terkenal lintasan PT Adaro ini.
“Kami berharap adanya masukan dari rekan-rekan insan pers yang hadir di sini, agar ke depan kita bisa kemas dengan lebih bagus lagi,” ucap lelaki yang senantiasa berpembawaan hangat tersebut.
Dalam ajang kali ini, ada tiga kategori yang dilombakan, yaitu features, hard news dan feature TV. Di kategori terakhir, Tabalong TV dari Tanjung, Kalsel, selaku tuan rumah lokasi penyelenggaraan, memborong habis gelar juara dari 1 sampai 3.
Adapun para wartawan dari Kabupaten Barito Timur, agaknya sementara harus puas dulu hanya mendapatkan nominasi. Seperti Agus Prasetyo G, dari Kaltengtoday.com, yang juga sering menulis di media ini,  yang ikut di kategori features, ataupun Agustinus Bole Malo  dari Borneo News dan Anigoru dari Kalamanthana.com.
“Kali ini skupnya dicampur, Kalsel dan Kalteng. bukan lagi per region (Kalsel/Kalteng) seperti dulu. Jadi peluang kita agak sulit bersaing dengan Kalsel,” ujar Prasodjo Eko Aprianto, Ketua PWI Bartim dan Agustinus Bole Malo dari Borneo News.
Namun agaknya benar apa yang dikatakan Ketua PWI Kalimantan Selatan Zaenal Helmy, bahwa lomba ini, telah memicu kreatifitas para jurnalis dalam menulis straight news/hard news maupun features.
Bos media MataBanua itu juga menyatakan, bahwa dirinya merencanakan, jika Kalsel menjadi tuan rumah Porwanas mendatang, maka akan ada lomba menulis features pula,selain cabor-cabor yang biasa dipertandingkan. TYO

Leave a Reply