Jalan Usaha Tani di Desa Murutuwu Diharapkan Dapat Tingkatkan Produktivitas Para Petani

Tamiang Layangm eksposia.com – Bagi para petani, jalan usaha tani merupakan sarana penting untuk menunjang aksesibilitas maupun produktifitas mereka. Kelancaran para petani dalam beraktifitas mengerjakan karya pertnian mereka, bergantung pada kondisi jalan usaha tani yang ada. Demikian juga dengan yang ada di Desa Murutuwu, Kecamatan Paju Epar, Kabupaten Barito Timur.

Petugas penyuluh lapangan pertanian (PPL) sendiri juga berkait dengan segala sarana prasarana termasuk jalan usaha tani. Oleh sebab itu, sudah selayaknya jika PPL juga intens memantau perkembangan persoalan-persoalan seputar kelompok binaannya. Seperti yang dilakukan para PPL dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Paju Epat, di mana mereka rutin turun ke lapangan untuk melakukan pendampingan serta pemantauan lapangan.

Salah satunya, adalah Elisa, PPL Desa Murutuwu yang turun meninjau lokasi jalan produksi, yang dirintis Kelompok Tani Rurey Maju, Desa Murutuwu. Didampingi pengurus kelompok tani, Elisa yang turun melakukan pemantauan, berharap bahwa jalan usaha tani dapat mengangkat kinerja kelompok tani.

“Kita mempunyai harapan bahwa jalan produksi usaha tani yang dirintis Kelompok Tani Rurey Maju, menunjang produktifitas petani. Selain itu juga dapat mempermudah akses mobilisasi produksi pertanian anggota kelompok tersebut,” ujar Elisa seperti yang dia rilis di beberapa media sosial

Seorang warga Murutuwu, Sabar, tadi (Rabu, 29/11/2023) menilai bahwa kinerja PPL, biasanya memang akan berpengaruh pada etos dan keberhasilan kelompok tani yang dibinanya.

“Yang saya lihat, para petugas di sini memang termasuk rajin turun ke lapangan. Mungkin nanti bisa mengusulkan bagaimana peningkatan kualitas jalan usaha tani, untuk bisa ada di tahun anggaran 2024, kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur,” ucap lelaki berperawakan subur yang masih sering pulang kampung, meski sudah jadi penduduk Kecamatan Dusun Tengah itu NIA (foto; ist)

Leave a Reply