Terus Mantapkan Diri Dalam Program Revitalisasi

Tamiang Layang, eksposia.com – Sebagai institusi di garda depan dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yaitu di kecamatan, Kantor Urusan Agama (KUA) tentu berhubungan langsung dengan masyarakat dan mengerti dinamikanya.

Begitu pula dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur yang juga terus berupaya menyesuaikan tuntutan jaman. Karena saat ini, segala sesuatunya dituntut serba cepat cepat.

Dituturkan Kepala KUA Dusteng H Mastuni, salah satunya adalah layanan digital, di mana masyarakat kini bisa mengurus secara akurat, cepat dan praktis.

“Digitalisasi layanan ini bersamaan dengan peningkatan sarana dan prasarana, serta penguatan SDM petugas KUA. Ini adalah tiga program utama revitalisasi yang menjadi fokus kami,” tuturnya tadi pagi, (Selasa, 24/1) melalui chat WhatsApp (WA).

Dikatakan lagi oleh H Mastuni, KUA Dusun Tengah merupakan KUA revitalisasi di Kabupaten Barito Timur, di mana program ini adalah dari Kementerian, untuk KUA yang memiliki gedung SBSN dan jumlah pernikahan terbanyak di kabupaten.

Sebagai catatan, ada tahun 2022, KUA Dusteng mencatat ada 143 pernikahan. Jumlah yang cukup “wow”. Dan terkait pelangsungan pernikahan ini, H Mastuni menjelaskan jika tarif resmi yang ditetapkan, adalah Rp 600 ribu, untuk pernikahan yang digelar di luar kantor.

“Namun untuk yang dilangsungkan di kantor, tidak dipungut biaya alias gratis.
Sedangkan sarana dan prasarana yang kami sediakan antara lain : meja layanan spesial,.lengkap dengan front office, pelaminan, microvision dan scanner,” imbuhnya menutup perbincangan – WAN

Leave a Reply