Jadi KUA Revitalisasi, KUA Dusteng Terus Genjot Peningkatan Diri

Tamiang Layang, eksposia.com – Dinamisasi terhadap perubahan serta tuntutan jaman menjadi sesuatu yang mutlak saat ini. Karena jaman telah berbeda, sehingga semua layanan pun bergeser ke pola yang lebih dinamis, efektif dan efisien.

Demikian pula Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai delegasi Kementerian Agama yang berada sebagai layanan terdepan di wilayah kecamatan. Saat ini, KUA bukan sekadar “kantor tunggu” . Melainkan lembaga yang dituntut untuk lebih progresif lagi.

Sama halnya dengan KUA Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur , Kalimantan Tengah, yang saat ini menjadi KUA Percontohan. Menurut Kepala KUA Dusteng H Mastuni, ada tiga fokus program prioritas revitalisasi KUA.

“Ketiganya adalah, satu : Peningkatan Sarana dan Prasarana, kedua : Digitalisasi Layanan dan ketiga : Penguatan SDM KUA. Tentu kami harus siap untuk ini,” ujarnya melalui pesan singkat WhatsApp (WA) tadi (Minggu, 22/1).

Adapun KUA Revitalisasi, ditambahkannya, adalah program kementerian yang memiliki gedung SBSN dan jumlah nikah terbanyak di kabupaten, serta peningkatan layanan secara keseluruhan sesuai tupoksi (tugas, pokok dan fungsi)nya. – WAN (foto, sumber : repro UNHCR)

Leave a Reply