Isi Kegiatan Ramadhan Lebih Bermanfaat, SMAN 2 Paju Epat Gelar Pesantren Kilat

Tamiang Layang, eksposia.com – Setelah sukses menggelar pembagian takjil pada masyarakat setempat, SMAN 2 atau SMADA Paju Epat, kembali mengadakan kegiatan mengisi bulan Ramadhan 1445 H ini, yaitu dengan siraman rohani pada para peserta didik dalam kegiatan pesantren kilat. yang digelar di Mushola SMAN 2 Paju Epat, Selasa 26 Maret 2024 lalu.

Meski fisik bangunan belum sepenuhnya terselesaikan, namun tak mengurangi suasana khidmat dan bahagia para peserta kegiatan. Sehubungan hal ini, Kepala Sekolah  SMAN 2 Paju Epat, Farida SPd, bersama guru agama Islam dan guru agama Kristen, berkolaborasi dengan pengurus OSIS, merancang kegiatan hingga mengeksekusinya.

Adapun materi yang disampaikan terkait dengan program Roots, disampaikan oleh Fasilitator Program, Dody. Sedangkan materi Penguatan Pendidikan Karakter, dengan salah satu tema, yaitu Adab Sebagai Pelajar, disampaikan oleh Marhamah, guru  pelajaran Agama.

Dan menjelang berbuka puasa, diisi tausyiah oleh penceramah dari  Desa Telang Baru, Kecamatan Paju Epat,dengan materi yang sangat kontekstual dengan perilaku peserta didik selama ini. Ustad pengisi ceramah  berpesan, agar materi yang disampaikan, dapat direfleksikan kembali sebagai perbaikan, dalam menampilkan passion sebagai murid tauladan.

Tak hanya diramaikan oleh kegiatan para peserta didik beragama Islam, para Guru dan siswa-siswi beragama Nasrani pun memanfaatkan momen ini, dengan kegiatan menyambut pelaksanaan paskah, antara lain menghias telur. Selanjutnya, adalah pelaksanaan ibadah bersama yang dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah (Wakasek)  Bidang Kurikulum, Fremy.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Desa Juru Banu, Sardiyansyah, yang menyatakan antusiasmenya mendukung kegiatan. “Saya menyambut hangat kegiatan Pesantren Kilat SMAN 2 Paju Epat ini, Saya berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan berkesinambungan, sehingga tahun depan bisa lebih meriah lagi. Apalagi dengan  mengundang alumni dari sekolah ini,” tuturnya.

Sementara Kepala SMAN 2 Paju Epat, Farida SPd, menjelaskan pada eksposia,com tadi (Jumat, 29/3/2024) bahwa kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan dan dorongan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, yang selalu giat memberikan motivasi regulasi pendidikan Merdeka, serta menguatkan Pendidikan Karakter pada satuan pendidikan di berbagai daerah wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. – RES

 

Leave a Reply