Febrina Margaretha : Putri Dayak Yang Berkomitmen Pada Pemberdayaan Kaum Perempuan di Bartim

Tamiang Layang, eksposia.com –  Perempuan, bagi Febrina Margaretha SSos, adalah juga pelaku aktif dalam pembangunan. Bukan sekadar gender yang diam berpangku tangan, apalagi hanya mengurus persoalan rumahtangga keseharian.
Hal itu setidaknya ia buktikan dari keaktifannya di berbagai keorganisasian. Antara lain: pernah aktif di Karang Taruna Kota Palangka Raya (sebagai Wakil Bendahara, tahun 2015-2017), Pengurus Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia Kota Palangka Raya dari tahun 2022-2028, dan sebagainya. Walaupun, dia sendiri tetap berdomisili di Kabupaten Barito Timur, di mana dia juga  bergabung di salah satu partai dan pernah berkiprah dalam kontestasi Pemilu 2019.
Meski saat itu belum berhasil, Febby (panggilan akrabnya) tak patah arang. Kini dia memperkuat barisan Partai Perindo, yang memang menjadi pilihannya. Dan wanita berdarah Dayak Maanyan kelahiran 36 tahun silam, yang maju lewat Daerah Pemilihan (Dapil) III Kabupaten Barito Timur ini mempunyai komitmen tersendiri pada kaum hawa.
“Saya ingin sekali memperjuangkan aspirasi kaum perempuan, untuk memperoleh akses sekaligus kontrol terhadap sumberdaya ekonomi, politik, sosial dan budaya. Harapan saya, kaum wanita bisa mengatur diri, meningkatkan rasa percaya diri untuk mampu berperan penting, dan berpartisipasi aktif dalam memecahkan masalah. Dengan demikian mereka dapat menjadi lebih mandiri dalam segala hal,” tutur Febby, yang mempunyai slogan ‘Mandiri Bersama Rakyat” dalam kampanyenya.
Jika langkahnya menuju kursi DPRD Kabupaten berhasil, maka apa yang akan diperjuangkan alumnus Sekolah Tinggi Sosial Politik (STISOSPOL) Waskita Dharma, Malang, Jawa Timur itu  sepertinya bukan hal yang mustahil.
Setidaknya, dengan menjadi seorang wakil rakyat, ia bisa berperan serta membuat sebuah rancangan regulasi yang pro pada kaum wanita. Yang selaras dengan apa yang menjadi keinginannya selama ini. TYOK

Leave a Reply