Kinerja TNI-Polri Dalam Penanganan Pemilu 2024 Diapresiasi Paguyuban Rektor Jatim

Malang, eksposia.com – Salah satu elemen pendukung pelaksanaan Pemilu Damai 2024 adalah pendidikan. Dan pemilu damai bisa terwujud atas sinergitas TNI bersama Polri, khususnya dalam hal pengamanan pelaksanaan Pemilu.
Kerja yang seolah tak kenal lelah, dengan proses pengamanan ketat dan ekstra oleh TNI-Polri, tentu bukan hal yang mudah. Untuk itu, Paguyuban Rektor Perguruan Tinggi Negeri Jawa Timur, yang tengah melaksanakan raker di Universitas Negeri Malang (UM) menyampaikan apresiasi pada kinerja TNI-Polri.
Rapat tersebut diikuti oleh sekitar 55 rektor, dan juga dihadiri oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. Selain membahas masa depan pendidikan bangsa, juga turut mendukung pelaksanaan Pemilu 2024.
Dikatakan oleh Rektor UM Prof  Dr  Haryono M Pd kepada para pekerja media, bahwa dia juga menyampaikan apresiasinya terhadap jajaran TNI Polri khususnya Polresta Malang Kota.
“Menjelang Pemilu damai 2024 ini kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi seluruh elemen TNI- Polri dan ASN. Terkhusus  Polresta Malang Kota yang telah memberikan pengamanan secara optimal,” ujarnya tadi (Selasa, 7/2/2023).
Prof Haryono menyebut, bahwa Polresta Malang Kota telah menjunjung netralitas dan memberikan kepercayaan pada masyarakat, bahwa serangkaian proses pemilu akan berjalan dengan aman dan damai.
Rektor Universitas Negeri Malang itu juga menyampaikan harapannya terkait aspirasi masyarakat tidak terkanalisasi dan tetap mengutamakan kebebasan akademis, karena hal tersebut merupakan salah satu proses demokrasi.
“Jelang Pemilu 2024 ini tidak perlu ada hal yang ditakuti atau dikhawatirkan. Karena Pemilu sudah berjalan sesuai dengan regulasi yang ada. Dan tentunya, besar harapan kami, bahwa seluruh aparat dan penyelenggara dapat bersifat rasional,” ujarnya lebih lanjut.
Menurutnya,  untuk wilayah Kota Malang dari tahapan awal Pemilu 2024 sampai mendekati puncak (pemungutan suara), tidak ada kejadian menonjol yang membahayakan keamanan.
“Alhamdulillah, di wilayah Kota Malang /,  baik yang di luar maupun lingkungan kampus kita, masih aman -aman saja,” imbuh Haryono.
Sementara, di tempat terpisah, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto SIK MSi menyatakan bahwa pihaknya akan terus memaksimalkan kegiatan dalam rangka pengamanan Pemilu 2024.
Kapolresta juga mengatakan, melalui Operasi Mantap Brata, Polresta Malang Kota  telah menerjunkan personel pengamanan baik terbuka maupun tertutup.
“Intinya, kami akan terus meaksanakan tugas pokok fungsi (tupoksi) kami, dalam menjamin keamanan dan kelancaran Pemilu 2024 sehingga kondusifitas Kota Malang terpelihara,” tuturnya lagi di akhir perbincangan. WAWAN SETIAWAN
Foto : Wawan Setiawan (Jatim)/ Ist
Editor : Wawan Soemarsono (Kalteng

Leave a Reply