Libatkan TNI, Polres Pasuruan Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024

Pasuruan, ekposia.com –  Dalam rangka menghadapi Pemilu 2024, Kepolisian Resor (Polres) Pasuruan, Jawa Timur, melaksanakan Apel Gelar Pasukan dan Patroli Skala Besar.
Acara yang digelar di Lapangan Apel Sarja Arya Racana Polres Pasuruan tadi (Selasa, 6/2/2024), adalah dalam rangka Bukan Bakti TNI-POLRI, dengan mengusung tema “TNI-Polri Jawa Timur Siap Melaksanakan Pengamanan Tahapan Pemungutan Suara Pemilu 2024”
Apel dipimpin oleh Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra SIK MSi, didampingi Dandim 0819 Pasuruan dan dihadiri antara lain Badan Kesbangpol, Ketua Bawaslu dan Ketua KPU Kabupaten Pasuruan.
Dari pihak Polres sendiri hadir Wakapolres dan para pejabat utama (PJU) beserta para anggota, para Kapolsek, juga PNS Polres. Peserta upacara lainnya, adalah dari anggota Kodim 0818 Pasuruan, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) dan para anggota Linmas.
Dikatakan oleh Kapolres, kekokohan sinergitas antara TNI dan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Pasuruan, khususnya menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, adalah menjadi tujuan digelarnya apel.
Lebih jauh, Kapolres bersama Dandim memberikan arahan pada pasukan terkait, tentang pentingnya peran bersama dalam menjaga stabilitas wilayah. Selain itu, adalah kehadiran TNI-Polri, dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Pasuruan.
“Pasukan yang terlibat dalam apel dan patroli skala besar ini, menunjukkan solidaritas TNI-Polri dalam memastikan keamanan dan kenyamanan bagi warga Kabupaten Pasuruan, karena dalam pemungutan suara, sangat rawan terjadi konflik yang diakibatkan perbedaan memilih salah satu Paslon,” papar Kapolres.
Selanjutnya, proses simulasi Patroli Skala Besar dimulai dengan siapnya barisan mobil Patwal Satlantas bersama kendaraan roda dua anggota TNI dan Polri, menuju pintu keluar Mapolres.
“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, kita mulai kegiatan Patroli Skala Besar ini,” kata Dandim seraya mengibarkan bendera start.
Acara berlanjut dengan Simulasi Tahap Pemungutan Suara di halaman Joglo Mapolres,.di mana kaum disabilitas juga diberi ruang dalam peragaan alias simulasi tersebut. – WAWAN SETIAWAN
Foto : Wawan Setiawan (Jatim)/Ist
Editor: Wawan Soemarsono (Kalteng)

Leave a Reply