Deklarasi Damai Jelang Pemilu 2024 di Aula Mapolres Bartim : Saat Keakraban Para Pengurus Parpol dan Ormas pun Sudah Terlihat Sebelum Acara

Tamiang Layang, eksposia.com – Suasana kondusif menjelang Pemilu Serentak 2024, adalah sebuah kondisi yang harus diupayakan agar daerah tetap damai, tenang, sehingga Pemilu berjalan baik dan menghasilkan pilihan rakyat, yang berkualitas, baik di DPRD kabupaten ataupun kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD RI sampai di putaran Pilpres nanti.
Pengkondisian yang dilakukan kepolisian adalah dengan menggalang para pengurus partai politik, tokoh agama, tokoh adat, tokoh asyarakat, juga pemuka organisasi kemasyarakatan setempat, dalam deklarasi damai, sebagai bentuk dukungan pada pelaksanaan Pemilu, serta mewujudkan Kamtibmas yang kokoh.
Begitupun yang dilakukan oleh Polres Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Pagi hingga siang tadi, (Selasa, 12/09/2023) di aula setempat, dihadirkan para pengurus parpol, ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan dan lain-lain, diundang dalam acara Deklarasi Damai Tahun 2024.
Salah satu hal yang menarik dalam acara itu, adalah saat para pengurus parpol sedang berkumpul di luar gedung, menunggu acara dimulai. Dengan baju berwarna-warni, mereka saling melempar canda. Karena mereka sadar, bahwa mereka tetaplah dalam bingkai masyarakat Barito Timur yang saling berinteraksi satu sama lain.
“Persoalan kepentingan politik di atas sana ya jangan sampai terbawa panas sampai di sini. Kita yang di bawah ini, biar berkompetisi bagaimanapun, tetap berteman. Habis momen politik ya tetap ngopi, ngrokok dan ngumpul bareng,” celetuk salah seorang pengurus parpol, disambut koor setuju dan tawa pengurus parpol lain yang notabene berbeda, bahkan sedang ‘panas’ di tingkat atas.
Candaan penuh keakraban terus berlanjut di dalam aula, usai acara formal seremonial. Ada yang mencandai kawannya yang lain partai dan disambut tawa ngakak yang diledek. Potret kebersamaan yang tentunya diharapkan akan terus terjaga hingga 2024 nanti. -TYO

Leave a Reply