Wajah-wajah Baru Hiasi Jajaran Kepala Desa Terpilih se-Kabupaten Barito Timur

 

Tamiang Layang, eksposia.com – Dari 84 kepala desa terpilih di 10 kecamatan di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah,masa bakti 2023-2029 hari ini (Rabu, 16/08/2023), wajah-wajah baru, kebanyakan menghiasi formasi ini. Mereka, resmi dilantik dan diambil sumpah janjinya.
Adapun pelantikan dan  pengambilan sumpah janji tersebut dilakukan oleh Buplati Bartim Dr Ampera AY Mebas SE MM,  di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Mantawara, Tamiang Layang.
Dalam sambutannya, Bupati Barito Timur (Bartim) Dr Ampera AY Mebas SE MM, pelantikan ini adalah amanat dari UU Nomor 5 Tahun 2014, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014, Peraturan Daerah Kabupaten Barito Timur Nomor 4 Tahun 2018, serta Peraturan Bupati Bartim Nomor 15 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pemilihan dan Pengangkatan Kepala Desa.
“Sekaligus menjadi tahapan akhir dari rangkaian proses yang telah kita jalani beberapa waktu yang lalu. Dan pengambilan sumpah janji, adalah dasar konstitusional bagi kepala desa terpilih, untuk menjalankan tugasnya dalam menjalankan roda pemerintahan, pelayanan, kegiatan pemberdayaan masyarakat serta pengawasan dan pembangunan di desa,” ujar lelaki nomor satu di Bartim itu.
Ampera berpesan, dalam melaksanakan tugasnya, para kades memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat tanpa membedakan latar belakangnya. Selain itu, juga menjalin hubungan baik dengan segala unsur di desa, seperti BPD, para tokoh agama, pemuda dan sebagainya.
“Dalam mengambil tindakan, kebijakan dan lain-lain, hendaknya para Kades engedepankan koordinasi dan musyawarah. Kami juga berpesan, hati-hati dengan penggunaan APBDes. Kedepankan pengelolaan uang yang transparan dan akuntabel untuk mengedepankan koordinasi dan musyawarah mufakat,” tutur Ampera lagi..-NIA

Leave a Reply