Kearifan Lokal dalam Tradisi Penangkapan Ikan di Festival Nariuk III 2023 Kembali Digelar

Tamiang Layang, eksposia.com – Sebanyak 190 peserta dari beberapa desa di Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, memeriahkan perhelatan tahunan Festival Nariuk III yang dilaksanakan di Desa Pulau Pantai, Kecamatan Dusun Timur, siang hingga sore tadi (Minggu, 02/07/2023).
Tercatat sebagai peserta terbanyak adalah Desa Simpang Bingkuang, Kecamatan Paku, dengan jumlah mencapai 53 orang. Namun keluar sebagai pemenang di kategori terberat adalah Kasianu dari Desa Bamban, Kecamatan Benua Lima, dengan ikan hasil tangkapan seberat 5,8 kg.
Hadir dalam acara ini, Bupati Barito Timur Dr Ampera AY Mebas SE MM, Wakil Bupati Habib Said Abdul Saleh, Kepala Kejaksaan Negeri Tamiang Layang Daniel Pananangan, Ketua TP PKK Bartim Munita Mustika Dewi SE, serta sejumlah pejabat dari unsur Forkopimda.
Adapun donatur acara, Dewi Sartika, bersyukur Festival Nariuk III tahun ini bisa tergelar lagi, menyambung tahun 2022 lalu, yang menjadi fase kembalinya event setelah dua tahun sebelumnya vakum karena pandemi Corona.
Sayangnya, tidak semua desa mengikuti acara budaya ini. Tercatat hanya beberapa desa di Kecamatan Dusun Timur dan kecamatan sekitarnya saja yang mengirimkan pesertanya.
Meski demikian, Festival Nariuk III tetaplah sukses dilaksanakan, dan menjadi tumpuan harapan digelar kembali di tahun mendatang. Karena pointnya bukanlah kemeriahan dalam menangkap ikan di sungai bersama-sama. Melainkan memahami esensi dari kearifan lokal yang terkandung di dalamnya. Di mana sungai haruslah dijaga, karena ia juga bagian dari alam, yang memberikan hasilnya pada manusia. NIA

Leave a Reply