Warning! Tiga Kecamatan di Bartim, Kalteng, Berpotensi Diterjang Banjir Skala Rendah

Tamiang Layang, eksposia.com –  Meskipun hujan yang turun beberapa hari ini tidaklah lebat, namun sebagian kecamatan yang ada di Kabupaten Barito Timur, harus mewaspadai. Karena frekuensi curah hujan tersebut cukup sering terjadi.
Di dua kecamatan yang memiliki dataran tinggi, yaitu Dusun Tengah dan Patangkep Tutui, jika hujan mengguyur bagian atas, maka akan memiliki potensi  mengakibatkan luapan di sungai yang mengalir ke daerah di bawahnya.
Sehubungan hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Timur (Kamis, 06/07/2023) mengeluarkan imbauan agar masyarakat di Kecamatan Dusun Tengah, Kecamatan Patangkep Tutui, plus Kecamatan Pematang Karau,  berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya luapan air sungai, akibat hujan serta longsoran air hujan dari daerah pegunungan.
Menurut Plt Kepala Pelaksana (Ka Laksa) BPBD dan Damkar Kab Bartim, H Ahmad Gahzali, melalui siaran pers tertulisnya, kewaspadaan ini juga mengingat Pematang Karau dan Dusun Tengah yang beberapa kali kena terjangan banjir.
“Jika dilihat dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terkait data potensi banjir, memang Dusun Tengah dan Pematang Karau yang menjadi kecamatan berpotensi banjir tingkat rendah. Mengingat kondisi hidrogeologi dinamis dan beberapa faktor lain, maka kami mengimbau agar masyarakat harus selalu waspada,”  ucap  Ghazali.
Sementara beberapa warga Desa Jihi, Kecamatan Pematang Karau, yang tinggal di tepian sungai mengungkapkan, meski mereka ini sudah langganan banjir tiap tahun, tapi tetap saja cuaca yang tidak menentu seperti sekarang membuat was-was. -NIA (foto/ilustrasi : repro Metropolitan.id)

Leave a Reply