Gelar RDPU, DPRD Bartim Tampung Aspirasi BPD Terkait Sepeda Motor Dinas dan Tunjangan Penghasilan

Tamiang Layang, eksposia.com – Dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) yang digelar kemarin (Rabu, 22/06/2023), DPRD Kabupaten Barito Timur telah mencatat beberapa usulan dari Badan Perwakilan Daerah (BPD) yang ada di seluruh kabupaten ini.
Salah satunya, adalah pengadaan sepeda motor dinas, honorarium ataupun tunjangan penghasilan sesuai kewenangan dan jabatan. Hal itu, diungkapkan Ketua DPRD Bartim Nursulistio SPdI kepada wartawan.
“Teman-teman dari BPD meminta agar honorariumnya disesuaikan lagi, karena mereka merupakan mitra kepala desa. Selain itu, untuk menunjang operasionalnya, mereka meminta diadakannya kendaraan roda dua. Dalam hal ini, kawan-kawan dari eksekutif, sudah menanggapinya. Sedangkan kami dari legislatif, melihat usulan mereka ini masih dalam batas kewajaran.Silakan saja, sepanjang tidak melanggar aturan atau regulasi,” tuturnya.
Politisi Partai Golkar ini mengingatkan bahwa seiring hak yang diberikan, tentu akan meningkat pula kewajiban dan tanggungjawab mereka dalam pelayanan serta pengabdian pada masyarakat di desa.
Sementara mengenai penghasilan tetap (Siltap) BPD, Nursulistio menegaskan jika hal ini sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 11 tahun 2019, di mana disebutkan bahwa 30% dadi belanja beda (baik bertambah atau berkurang) tidak mempengaruhi.
“Hanya perlu berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Sosial (DisPMDSos) dalam melakukan pembagian tersebut. Dan dalam meletakkan tunjangan BPD ini, nanti akan diatur lebih lanjut oleh Peraturan Bupati (Perbup),” ujarnya menambahkan.
Terkait hal ini, seorang anggota BPD di sebuah desa, yang minta agar tak usah disebut gamblang, mengatakan (Kamis, 22/06/2023) bahwa secara pribadi dirinya tak terlalu berharap banyak. Karena dengan adanya usulan penambahan tunjangan atau sepeda motor, secara otomatis juga akan meningkatkan beban moral atau tanggungjawabnya.
“Tapi kalau memang keputusan pemerintah daerah nanti seperti itu, ya kami berterima kasih. Hanya, memang kalau buat saya pribadi,  tidak terlalu jadi hal yang harus dirisaukan,” paparnya. NIA

Leave a Reply