Anggaran Pilkades Serentak 2023 di Kab Bartim Terkendala Anggaran?

Tamiang Layang, eksposia.com -Ada hal yang menarik dari acara Paparan Tupoksi Panitia Pemilihan dan Panwas Pilkades serentak 2023, yang diselenggarakan di Gedung Mantawara, Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, tadi (Senin, 6/03-2023). Yaitu soal anggaran yang dipertanyakan banyak peserta.

Salah seorang peserta pelatihan tadi, Kastian dari Kecamatan Patangkep Tutui,. Pria yang pernah menjabat sebagai Camat setempat itu menghitung dengan 1 TPS yang ditangani oleh tiga orang panitia, anggaran dirasa kurang. “Itu belum lagi untuk pengamanan dari aparat yang tidak tertera dalam anggaran peruntukan,” ucapnya.

Menjawab hal tersebut, pemberi materi dari Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Barito Timur, mengakui bahwa total anggaran pelaksanaan Pilkades sebesar Rp 1 miliar, memang dirasa sangat pas-pasan.

“Untuk kekurangan penggunaan dari APBDes bisa dibantu dari APBD. Tapi ini sedang dipertimbangkan. Seperti yang dikatakan Pak Kastian tadi, terkait pengamanan aparat. Sementara di Perbup tidak ada,” jawab pemateri.

Adapun Pilkades Serentak di Bartim tahun 2023 ini, mencakup 86 desa di seluruh kecamatan. Beberapa peserta mengaku agak ketar-ketir dengan anggaran yang mereka nilai bisa kurang ini.

“Apa iya bisa secepatnya mendapat jawaban jika diusulkan? Kami khawatir kalau sampai bergejolak, maka Pilkades akan terancam ditunda. Tapi semoga tidak. Kita optimis saja, Pilkades bisa terlaksana tahun ini. Meski kami menyayangkan, karena menurut kami, semestinya, ini dibahas matang-matang pada perencanaan anggaran tahun 2022 lalu,” ucap salah seorang peserta usai acara, di luar gedung, diiyakan kawan-kawannya. WAN

Leave a Reply