Menumpu Harapan di Saluran Irigasi Talohen

Tamiang Layang, eksposia.com – Saluran air yang mengaliri bendungan di kawasan Talohen Hulu, Kelurahan Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah, masih menjadi bagian dari aktifitas kehidupan warga sekitar. Khususnya yang bermukim di RT 28, ataupun mengelola persawahan di sekitarnya.

Menurut Wahyudin, salah seorang warga setempat yang ditemui menjelang senja tadi, aliran air di sini masih bersih tak terkontaminasi apapun. “Paling hanya lumut atau sampah plastik yang dibuang anak-anak. Itupun tak seberapa banyak,” ujarnya.

Dan yang terlihat senja tadi, warga yang rumahnya berada di pinggir bantaan sungai, lebih memilih mandi di sungai daripada di kamar mandi mereka, menggunakan air sumur.

“Lebih segar, dan puas mandinya, Pak,” ucap salah seorang warga sambil menikmati aliran air, membersihkan badan dengan sabun serta berkeramas.

Ia mengatakan bahwa areal persawahan yang ada, sangat bergantung dari aliran irigasi ini. Dan air yang dialirkan dari Bendungan Tabla ke saluran irigasi, selalu dalam debet volume yang sangat cukup. Sehingga dimanfaatkan dengan optimal oleh penduduk di sini. – TYO

Leave a Reply