Waspadai Pula Hal-hal Yang Bisa Rusak Demokrasi

Tamiang Layang, eksposia.com – Enam poin berkaitan dengan kedatangan logistik Pemilu di kecamatan, menjadi materi yang menjadi perhatian saat ini. Termasuk, bagaimana kemudian kotak suara diantarkan kembali ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) paska selesai penghitungan suara di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS).
Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan SE MPA, saat Apel Kesiapan Linmas 2024 di halaman Kantor Bupati Bartim tadi (Senin, 12/02/2024).
“Ada enam poin yang harus jadi perhatian kita, yaitu : Distribusi Logistik Pemilu, Kedatangan Logistik di PPS, Penempatan Logistik di PPS, Pendirian TPS, Tugas Satlinmas Pada Hari H, dan Pengantaran Kotak Suara Kembali ke PPK,” papar Pj Bupati.
Lebih lanjut ia menuturkan bahwa koordinasi lintas sektoral, apalagi PPK, Camat dan Sekda sangat penting saat ini untuk mengantisipasi segala kendala dan kesulitan yang terjadi.
“Dan dalam hal ini, Linmas juga berperan penting dalam koordinasi dengan aparat keamanan,” imbuhnya.
Persoalan cuaca, termasuk kemungkinan terjadi bahaya banjir, juga menjadi perhatian bersama. Dalam hal ini, antisipasi terhadap segala kemungkinan harus disiapkan
“Keseluruhan rangkaian proses Pemilu ini diselenggarakan dengan penuh tanggung jawab,  beserta kesadaran akan pentingnya demokrasi dan partisipasi masyarakat. Untuk itu, seluruh elemen masyarakat, termasuk Satlinmas, harus berkomitmen menjaga netralitas, dan kualitas penyelenggaraan Pemilu. Kita juga harus tolak semua tindakan yang dapat merugikan demokrasi,” imbuh Indra.-NIa
Sumber berita & foto : Diskominfosantik Bartim
Editor: Wawan Soemarsono

Leave a Reply