Pendataan Kemiskinan di Bartim, Diminta Dilakukan Secara Serius dan Detail

Tamiang Layang eksposia.com –  Untuk menangani pengentasan kemiskinan, perlu segera dilakukan identifikasi. Antara lain, dengan sinkronisasi data secara detail, disertai fakta lapangan. Ini harus dilakukan sebagai dasar dalam menjalankan program serta kegiatan.

Hal ini, dikatakan oleh Pj Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan SE MPA, dalam Rapat Koordinasi Pengentasan Kemiskinan Tahun 2023, yang digelar di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Daerah (Bappelitbangda), kemarin (Rabu, 8/11/2023). Untuk itu, Indra menginstruksikan tim yang menangani pengentasan kemiskinan agar segera melakukan proses identifikasi.

“Data yang diperoleh, harus diidentifikasi lebih dulu oleh Tim Pengentasan Kemiskinan Apa benar sesuai dengan kriteria,” ujar lelaki yang saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri tersebut. Menurutnya, masalah kemiskinan menjadi perhatian bersama. Bahkan, seperti yang dikutip dari press release yang dikeluarkan Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kab Bartim, tadi (Kamis, 9/11/2023), Indra pun mengakui dirinya masih belajar dalam hal ini.

 

“Kita serius menindaklanjuti segala persoalan berkaitan kemiskinan. Dan terkait data yang telah dipaparkan dalam rapat,  (yang diselenggarakan guna pengentasan kemiskinan di Kab Bartim), akan kita evaluasi lagi. Contoh, sebanyak 80 orang miskin terdata di Kelurahan Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur, maka Tim Pengentasan Kemiskinan harus menggali informasi secara detail. Perbandingan atau kriteria kemiskinan desil I sampai III  harus diketahui tingkatannya apakah miskin ekstrim, miskin, atau hampir miskin,” imbuhnya.

 

Kategori miskin sendiri, disesuaikan dengan pemenuhan kebutuhan hidup setiap hari. Standar yang ditetapkan pemerintah untuk menghitung kemampuan dari warga. Oleh sebab itu, Indra Gunawan meminta agar ada pendataan kembalim termasuk mendatangi orang – orang yang masuk kriteria miskin. Tidak hanya mendata dalam bentuk makro untuk pemenuhan hidup, tapi juga segala kegiatan warga sasaran secara detail. Apakah yang bersangkutan menerima bantuan, begitu juga anak – anaknya yang kaitannya mendapat subsidi dari pemerintah dalam bentuk dana BOS, sekolahnya dan alamatnya serta yang lain  Semua harus terpapar jelas,” harapnya lebih lanjut.  NIA

 

( foto dan sumber berita : https://mediacenter.baritotimurkab.go.id/indra-gunawan-pengentasan-kemiskinan-harus-diidentifikasi/ )

 

Leave a Reply