Sama-sama Asal Indonesia dan Tenar di Hongkong Saat Itu, Willy Dozan dan Lo Lieh Dua Kali ‘Berduel’

eksposia.com – Penonton (fanatik) film laga Mandarin dan Hongkong di era ’70 dan ’80-an, pasti mengenal nama Lo Lieh. Dia merupakan aktor kedua langganan casting antagonis utama, setelah Ku Feng. Kedua nama ini laris manis mengisi hampir semua film kungfu klasik, yang memang didominasi Hongkong era itu (mengalahkan Taiwan dan RRC).
Walaupun di dekade 80an Lo Lieh masih bertahan, namun beberapa film terakhirnya mulai terlihat ia mencoba ‘keluar dari jalur nyaman’. Dari peran polisi baik, sampai ayah yang perhatian dengan anak-anaknya, mulai dijajal Lo Lieh. Jikapun eksposia.com tidak salah mengingat, peran terakhirnya sebagai penjahat adalah di film 7 Warriors  (1991) yang ia bintangi bersama Max Mok dan Adam Cheng.
Meski perannya sebagai protogonis nyatanya juga terbukti mengkilap, toh sepertinya publik terus mengingat lelaki asal Pematang Siantar, Sumatera Utara itu sebagai aktor legenda spesialis peran penjahat.
Apalagi seperti yang diceritakan Willy Dozan, di sebuah wawancara di stasiun TV, juga di salah satu podcast, Lo Lieh juga pernah tergabung dalam gangster, di kehidupan nyatanya.
“Ya jaman itu, kami memang harus terafiliasi dalam kelompok geng, jika mau aman. Maklum, Triad sempat menguasai industri perfilman Hongkong di tahun 1990 ke bawah. Lo jugalah yang mendukung saya waktu masih baru-baru nyemplung di perfilman Hongkong. Kata dia ke saya;”Kalo ada apa-apa, bilang aja ya ke gua”. Orangnya baik, meski peran-perannya banyakan jadi penjahat ya?” tutur Willy seraya tertawa.
Aktor laga kampiun asal Magelang, Jawa Tengah ini, memang pernah berjaya di blantika film Hongkong. Beberapa film kungfu, pernah dibintangi Willy (yang disematkan nama Billy Chong atau Chuang Chen Lie oleh produser di sana, lantaran nama Willy Dozan dianggap berkesan seperti nama orang Phillipina).
Dalam film Kungfu From Beyond The Grace, Willy yang berperan sebagai Chun-sing, harus menghadapi musuh utama yang diperankan Lo Lieh.
Ini adalah kali kedua mereka mendapatkan role antagonis -protogonis, setelah sempat bersama di film Black Belt Karate alias Karate Sabuk Hitam (1977). Sebuah produksi bersama Hongkong-Indonesia, dengan syuting berlokasi hampir 80 % di Indonesia.
Selain Willy dan Lo Lieh, ada juga Liang Shao-lung/Bruce Leung (yang berperan sebagai  musuh utama Stephen Chow dalam film Kungfu Hustle), kemudian Chi Kuan-chin dan Toto Soegianto.
Tentu saja, pertarungan antara Willy Dozan atau Billy Chong dan Lo Lieh hanya terjadi di film. Karena seperti yang diungkap Willy, Lo adalah sosok yang hangat dalam berkawan.
Ya, sayangnya, Lo Lieh telah meninggal dunia beberapa waktu lalu. Namun namanya, tetap dikenal sebagai the legend of antagonist cast, juga sebagai salah satu aktor Indonesia yang sudah go-Asia di tahun 1970an dan 1980an IWAN PRAST

Leave a Reply