Program Aku Hatinya PKK Lamongan, Sasar ke Pemanfaatan Pekarangan

Lamongan, eksposia.com – Program Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman, atau yang disingkat Aku Hatinya dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), akan merubah pekarangan sebagai tempat yang tidak sekadar bagian luar dari rumah saja. Tapi mempunyai manfaat lebih.
Hal tersebut diungkapkan tim juri dari kabupaten, dalam perlombaan Aku Hatinya PKK 2023, yang berlangsung di Desa Kedungwaras, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Kamis kemarin (14/09/2023).
Dikatakan bahwa Aku Hatinya PKK merupakan program yang menggerakkan masyarakat dalam memanfaatkan halaman sekitar atau pekarangan.
Adapun Ketua TP PKK Kedungwaras, Siti Faridah SPd, secara terpisah tadi (Sabtu, 16/09/2023) mengatakan bahwa pemanfaatan pekarangan tidak hanya dipenuhi dengan tanaman sayur atau buah-buahan saja. Tapi juga bisa peternakan, perikanan dan lain-lain.
“Yang mana fungsinya adalah menambah pendapatan masyarakat, sehingga pekarangan mempunyai nilai ekonomi. Dan ini sesuai dengan tujuan Pokja 3 Aku Hatinya PKK” paparnya.
Adapun pemilihan lokasi Desa Kedungwaras sebagai tempat digelarnya lomba, menurut Camat Modo, bukan tanpa alasan. Yang jelas karena Kedungwaras memenuhi kriteria 3K (Kebun, Kolam dan Kandang) sehingga memenuhi aspek-aspek penilaian. Selain itu, warga desa juga sudah sadar terhadap pemilahan sampah.
Adapun pada kunjungan tim kabupaten untuk menilai Desa Modo waktu itu, disambut oleh Kepala Desa Kedungwaras  M Nawir Gozali SPD,  Ketua TP PKK Siti Faridah SPd dan para pengurus TP PKK, aparatur kecamatan termasuk Forkopimcam, yaitu Camat Modo, Danramil 0812/12 Modo, Kapolsek dan sebagainya. -GUNAWAN

Leave a Reply