Penanaman 3000 Pohon di Mapolres Bartim, Wujud Ikut Serta Dalam Kepedulian Bumi Masa Depan

Tamiang Layang, eksposia.com-  Sikap peduli tinggi pada lingkungan dan masa depan bumi, terlihat dalam gerakan penanaman 3000 pohon, yang diinisiasi Polres  Barito Timur, Kalimantan Tengah,di lahan Mapolres setenpat tadi (Rabu, 23/08/2023).
Menurut Kapolres Bartim AKBP Viddy Dasmasela SH SIK, kegiatan ini bertujuan mendukung upaya pelestarian lingkungan dan menciptakan kebersamaan antara berbagai pihak dalam menjaga kelestarian alam.
Ada beberapa jenis bibit pohon yang ditanam dalam kegiatan ini. Tidak hanya buah-buahan seperti mangga dan rambutan, tapi juga yang punya nilai ekonomi produksi. Contohnya pinang, sengon, jelutung serta belangiran.
Di sanping hadir sejumlah pejabat eksekutif, unsur Forkopimda, dan lain-lain, terlihat pula petinggi dari beberapa perusahaan yang wilayah operasionalnya melintasi Kabupaten Barito Timur (Bartim). Antara lain adalah dari PT Adaro, PT SEM, PT BNJM, serta PT ASL.
Beberapa organisasi relawan juga hadir, seperti Relawan Rescue Sulung, Bhayangkari Cabang, Pramuka Saka Bhayangkara, bahkan juga anggota masyarakat. Mereka, ikut berpartisipasi dalam penanaman di berbagai tempat, sebagai aksi kelanjutan dari acara penanaman pohon di Mapolres.
“Ini adalah program mengenai lingkungan, yang harus terus dijaga kelestariannya, hingga bisa kita wariskan pada anak cucu. Sehingga tidak hanya kita tanam di areal Mapolres saja, tapi juga ke Polsek-polsek bahkan juga titik lainnya,” kata Viddy.
Ia menambahkan, dengan adanya gerakan penanaman 1000 pohon, akan memberikan dampak positif pada ekologi sekitar, juga menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya pelestarian alam. NIA

Leave a Reply