30 Peserta Pelatihan Pelatihan UMKM , Diharapkan Dapat Lebih Siap Berkompetisi dan Berdaya Saing

Tamiang Layang , eksposia.com –  Selama empat hari ke depan, atau hingga Kamis, 8 Juni 2023,sebanyak 30 pelaku UMKM di Kabupaten Barito Timur, akan mengikuti pelatihan pelaku usaha mikro kecil dan menengah.
Pelatihan ini, menurut Bupati Barito Timur Dr Ampera AY Mebas SE MM pada sambutannya tadi di Aula Hotel Ade Tamiang Layang,  akan meningkatkan kompetensi, produktivitas, serta  daya saing pelaku usaha.
“Di samping itu, juga diharapkan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pengembangan ekonomi. UMKM  berkontribusi dan peranan besar dalam perekonomian nasional,  antara lain adalah perluasan penyerapan tenaga kerja,” kata Ampera, seraya menuturkan bahwa ketika Covid 19 menghantam perekonomian nasional, UMKM bertahan bahkan berhasil jadi tulang punggung perekonomian tersebut.
Pria nomor satu di Bartim yang akan melepas masa jabatannya dalam waktu dekat ini, juga mengatakan bahwa Pemerintah RI telah mengeluarkan regulasi yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan koperasi serta UMKM, agar lebih berdaya saing.
Menurut salah seorang peserta pelatihan, M Refky, (Senin, 5/06/2023) dengan adanya pelatihan ini, akan lebih membuka wawasannya mengenai UMKM, juga bagaimana lebih mengembangkan kewirausahaan. NIA

Leave a Reply