Genderang Perang’ Kontestasi Pilkades Bartim Dimulai Resmi, Paska Ditetapkannya Nomor Urut

Tamiang Layang – eksposia.com – Beberapa waktu yang lalu, Erwin Nakalelo, salah satu calon Kepala Desa Dayu, Kecamatan Karusen Janang, menyatakan sudah siap start dalam pertarungan memperebutkan suara. Demikian pula Mardianto, salah satu kandidat Kepala Desa Ampari Bura, Kecamatan Awang, ia berujar baru plong kalau sudah dapat nomor urut.
Dan  penetapan nomor urut sudah dilakukan secara serentak di Kabupaten Barito Timur. Bahkan di Desa Rodok, Kecamatan Dusun Tengah, rapat pleno Panitia Pemilihan masih berlangsung hingga petang hari gelap, Kantor BPS Desa Rodok di mana pengambilan nomor urut, masih terlihat dipenuhi panitia serta para kandidat.
“Karena hari ini sudah jadwalnya pengambilan nomor urut, maka mulai hari ini juga saya sudah terhitung cuti. Sementara, tugas dan wewenang Kades di-handle oleh Sekdes,” ujar Jaro Lelond Tuah, calon Kades no urut 2, yang merupakan petahana, saat bertemu di Desa Sumber Garunggung siang hari sebelum acara.
Sedangkan Calon Kades no urut 1, Bayurman, sebelumnya menuturkan, setelah mendapatkan nomer urut, ia mulai akan menyosialisasikan perihal nomer ini kepada konstituennya.
Yang menarik, dan bisa jadi inspirasi bagi para calon Kades ataupun para incumbent, adalah ide Mardianto, bahwa jika dirinya terpilih menjadi kepala desa, ia akan membuat semacam media center, di mana insan pers dapat mengakses berita informasi tentang desa tiap saat.
Namun tentunya, setiap para calon yang akan berlaga, sudah akan menyiapkan langkah khususnya pada kampanye yang sebentar lagi akan digelar Karena penetapan nomor urut, menjadi semacam kode menyalakan ‘genderang perang’ memperebutkan suara pemilih –WAN

Leave a Reply