Awal Puasa Ramadhan, Diprediksi Pelayanan Efektif Baru Senin Berjalan

Tamiang Layang, eksposia.com – Memasuki awal puasa Ramadhan 1444 H, tidak terlalu ada aktifitas berarti yang terlihat. Apalagi kantor pemerintahan juga masih libur bersama menyambut datangnya bulan suci Ramadhan ini.

Publik menilai, kalaupun jadwal libur cuti bersama diberlakukan Kamis dan Jumat (23 dan 24/03/2023), mereka tak yakin hasilnya. Masyarakat lebih yakin, Senin (27/03/2023) pelayananan efektif berlaku.

“Dari dulu tradisinya juga begitu. Kalau ada hari kerja yang terjepit, tidak bakalan ada pegawai yang turun. Kita sih maklum-maklum saja. Tapi kalau sampai hari Senin masih lambat pelayanan ya keterlaluan ah,” ucap Herman, warga Tamiang Layang, tadi (Jumat, 23/03/2023) yang mengaku sering lebih memilih rentang hari antara Senin-Kamis untuk berurusan.

Untuk pengaturan jam kerja di bulan puasa ini, Pemerintah Kabupaten Barito Timur, sudah mengatur dalam surat edaran nomor 800/234/IV.7/BKD tertanggal 20 Maret 2023, yang ditandangani Sekda Bartim Pangan Moetar SE MSi.

“Aturan tersebut dikeluarkan dalam upaya peningkatan kualitas pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan bagi ASN yang beragama Islam. Kami memberlakukan jam kerja dalam satu Minggu berjumlah 32 jam 50 menit, dengan hari kerja sebanyak 5-6 hari,” ujar Sekda dalam edaran tersebut

Dan seperti yang diinfokan oleh Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Barito Timur, pelaksanaan jam kerja di instansi pelayanan seperti RSUD Tamiang Layang, juga disesuaikan lebih lanjut,.mengacu pada jam layanan minimal yang ada. -NIA

Leave a Reply