Di Balik Aksi Heroik Para Petugas Damkar Gabungan, Kode Rahasia Jadi Andalan

Tamiang Layang, eksposia.com – Dari berbagi kejadian, petugas pemadam kebakaran menilai ada beberapa titik yang berpotensi rawan kebakaran. Yang terutama adalah kawasan Kelurahan Ampah Kota, Desa Rodok, sepanjang arah menuju Kecamatan Pematang Karau dan arah menuju Kecamatan Raren Batuah.

Menurut Kapten 01 Fire Team Badan Pemadam Kebakaran Sabilal Mujahidin (BPK Samuja) Ampah, Kec Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Rahmat Hidayat SST, kebetulan jumlah penduduk di zona-zona disebut tadi, terbilang padat.

“Khususnya untuk wilayah Kelurahan Ampah Kota, sentral Kecamatan Dusun Tengah yang padat permukiman, kami selalu mengingatkan, terutama pada saat cuaca ekstrim panas, untuk selalu berhati-hati. Karena faktor penyebab kebakaran banyak sekali. Ada faktor teknis seperti korsleting listrik, ada faktor human error, dan lain sebagainya,” ujar pria yang dikenal aktif dalam kegiatan sosial, di sela-sela predikatnya sebagai ASN ini, ketika dikontak via chat WhatsApp (WA) tadi (Senin, 16/1-2023).

Upaya mengingatkan secara intensif, juga mereka lakukan pada sesama petugas maupun relawan. Dayat, panggilan akrab Rahmat Hidayat, juga mengakui, unit Damkar milik Pemkab Bartim yang berada di Kelurahan Ampah Kota dan Desa Jihi, Kecamatan Pematang Karau, kini sudah menunjukkan perubahan yang jauh lebih baik. Ia menilai, mereka sudah berbenah diri banyak.

Salah satu ‘rahasia’ gerak cepat para petugas Damkar beserta tim relawan, menurut Dayat, adalah berdasarkan informasi dari repeater. Begitu ada kode “10.11” (sepuluh titik kosong satu-satu), mereka hanya tinggal mendengar di mana titik lokasinya. Dan secepatnya, tim gabungan bergerak, beraksi bersama menaklukkan si jago merah.

Tak lupa, Dayat dan kawan-kawannya mengapresiasi warga masyarakat yang sekarang sudah memahami UU lalu lintas jalan. Bahwa begitu ada mobil pemadam meluncur cepat dengan sirine meraung, mereka akan memberi jalan, memprioritaskan para petugas tersebut. – WAWAN SOEMARSONO (Kab Barito Timur, Kalteng)

Leave a Reply