Obyek-obyek Wisata Indah Ini Seolah Tak Terhiraukan Lagi

Tamiang Layang, eksposia.com – Beberapa wisata alam yang jauh dan terpencil di Kabupaten Barito Timur, kini seolah jadi sunyi peminat belakangan ini. Para pengunjung, lebih menyukai lokasi yang mudah terjangkau.

Salah satu warga Kecamatan Pematang Karau, Subhan misalnya, ia memilih  ke tempat yang mudah diakses kendaraan roda dua. Di Dam Turan Amis, di Kecamatan Raren Batuah, atau Bendungan Karau, di Kecamatan Dusun Tengah, misalnya. Selain praktis, juga mempertimbang faktor kenyamanan dan keamanan.

“Ya air terjun Riam Kusing, Desa Muara Awang, Kecamatan Dusun Tengah, kan jauh sekali. Mana jalannya sepi. Kalau kempes atau bocor ban, bagaimana? Juga kalau hujan tak ada tempat berteduh,” ujar ayah dua anak kecil ini, saat ditemui sedang beristirahat di sebuah warung kemarin.

Riam Kusing sendiri merupakan air terjun alami yang terletak di kawasan lokasi yang berbukit. Seperti halnya Riam Kendong di Desa Sibungz Kecamatan Raren Batuah. Riam Kendong, air terjun juga menawarkan suguhan pemandangan yang natural dan indah. Sayang  masih jadi potensi yang belum tergarap maksimal.

“Tentunya, ini adalah tantangan bagi pejabat di dinas terkait, memikirkan serta mengambil tindakan agar jangan ada potensi PAD yang tersia-siakan. Tapi itu bahasa orang legislatif ya? Ya bahasa sederhananya, ayo, dengan intuisi seni, bangunlah kepariwisataan ini,” kata Nuril Indrawan, mahasiswa sebuah PTS di Banjarmasin, yang merupakan seorang blogger wisata. berbincang di sebuah kafe di Ampah, tadi (Senin, 9/1-2023).- NIA TUNIAH E/ RESA R

Leave a Reply