Satpol PP Bartim Gembleng Diri Dalam Latihan Dalmas

Tamiang Layang, eksposia.com – Selama lima hari, sampai hari Sabtu besok (3/12/2023) para anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Barito Timur, menjalani gemblengan pelatihan pengendalian massa alias Dalmas. Adapun instruktur mereka, adalah dari Satsamapta Polres Bartim.
Dikatakan oleh Kasatpol PP Barito Timur Ristanto Pratomo SSTP, melalui rilis di MMC Jajaka Bartim, tadi (Kamis, 30/11/2023), pelatihan tersebut bertujuan menyinkronkan kegiatan pengamanan yang dilakukan kepolisian bersama Satpol PP, khususnya pada pengamanan Pemilu 2024.
“Kita ingin agar rekam-rekan Satpol PP memiliki kemampuan dalam Dalmas dan memahami standar prosedur operasional (SOP)-nya. Sebenarnya kita pernah adakan pelatihan serupa di tahun 2015, dan pelatihan ini sebagai penyegaran kemampuan personel lah,” ucap Ristanto.
Sementara KBO Satsamapta Polres Bartim Ipda Soepardjo, menjelaskan bahwa pelatihan Dalmas dimulai dengan pengenalan teknik Dalmas atau Dalmas awal.
“Personel melakukan pengendalian hanya dengan tangan kosong atau tanpa alat. Setelah itu teknik berkait kemudian menggunakan tali, dengan asumsi bahwa massa masih dalam kondisi tertib,” kata Soepardjo.
Dan ketika massa mulai anarkis, personel menggunakan helm, perisai/tameng dan tongkat.  KBO Satsamapta juga kemudian menjelaskan bahwa bekal teknik pengendalian massa itu, juga bermanfaat untuk pengamanan markas komando ataupun kantor-kantor di mana personel Satpol PP ditugaskan. NIA

Leave a Reply