Suka Makan Daging? Rebuslah Dengan Suhu Tinggi Untuk Hindari Kanker Kolorektal

eksposia.com – Gaya hidup masyarakat modern, terutama di perkotaan, seringkali bersinggungan dengan daging. Berbagai hidangan dengan menu baku daging, kerapkali tersaji baik dalam acara seremonial maupun menu di restoran. Seperti beef steak, beef teriyaki dan masih banyak lainnya.
Tahukah Anda bahwa mengonsumsi daging (selama tidak berlebihan) sangat baik, bahkan mencegah potensi datangnya kanker Kolorektal? Kolorektal adalah penyakit yang menyerang rektum (bagian dari usus besar yang menyambung ke anus).
Sekarang, penyakit jenis ini menjadi salah satu kanker tertinggi kedua pada pria, dengan kasus di tahun 2018 mencapai 30.017. Jumlahnya cenderung mengalami kenaikan, termasuk di Indonesia.
Kanker Kolorektal bisanya muncul dari jaringan yang tidak normal dalam dinding kolon atau rektum. Ciri-ciri pengidapnya antara lain; sering terjadi kram atau nyeri berkepanjangan,  penurunan berat badan secara drastis secara singkat, mudah lelah, kurang darah (anemia/ dan lain-lain.
Pencegahan yang paling mudah antara lain adalah : menjaga pola hidup sehat (termasuk olahraga secara teratur), menghindari konsumsi daging merah secara berlebihan), perbanyak konsumsi syur dan buah dan jika memakan daging, rebuslah dengan suhu tinggi.
Selain itu, tentu perlu melakukan deteksi secara dini dengan metode Guaiac Fecal Occukt Blood Test dan Kolonoskopi. Ini sangat disarankan, khususnya untuk Anda yang berusia 50 tahun ke atas. Tapi, bukan berarti yang umurnya lebih muda tidak aman dari potensi penyakit ini lho ya? – FMV

Leave a Reply