Disbudparpora Bartim Puji Langkah Inovasi Wisata Pemdes Dayu Lewat Danau

Pengunjung menikmati keindahan Danau Dayu (foto: ist/disbudparpora)

Tamiang Layang, eksposia.com – Warga Desa Dayu, Kecamatan Karusen Janang, kini mempunyai obyek wisata baru. Dan nampaknya, ini bisa jadi andalan Pendapatan Asli Desa (PAD). Hal itu bisa dinilai dari antusias pengunjung pada hari Minggu kemarin ( 1 Januari 2023).

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kab Bartim Dra Herawani MM  melalui Kepala Bidang Pariwisata  Limer SPd MM  tadi ( Senin, 2/1) mengapresiasi langkah Pemerintahan Desa Dayu dan Panitia Pelaksana dalam membuka obyek wisata.

“Kita harapkan nantinya, bisa jadi salah satu alternatif tempat wisata, baik bagi masyarakat Kecamatan Karusen Janang maupun yang kecamatan lainnya di kabupaten ini, bahkan luar kabupaten. Karena menurut kami, ini memiliki beberapa daya tarik yang berbeda dengan objek wisata lainnya,” kata lelaki yang juga pernah bertugas di Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kab Bartim itu.

Liner juga mengatakan, pihaknya meminta agar pengelola pariwisata, baik oleh desa bersama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)  selalu memperhatikan keindahan, kebersihan serta kelestarian alam yang ada, baik flora maupun faunanya.

Limer juga menitipkan pesan Kadisbudparpora, bahwa pengelola objek wisata Danau Dayu, hendaknya selalu bekerjasama dengan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat. Sehingga ada simbiosis mutualisme,  antara pengelola wisata dan pelaku UMKM.

“Tidak ada objek wisata yang dapat berkembang pesat kalau tidak  bersinergi dengan UMKM. Dan dalam pengelolaan, agar ada persaingan yang sehat. Dan sistem tematik atau ikon  khusus, juga harus dipikirkan, sehingga mudah dalam promosinya ke depan,” papar Limer di akhir pembicaraan.  – WAWAN SOEMARSONO.

Leave a Reply